TPMS adalah singkatan dari Tire Pressure Monitoring System, atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai Sistem Pemantau Tekanan Ban. Ini adalah fitur keselamatan yang terdapat pada beberapa kendaraan modern yang secara otomatis memonitor tekanan udara di ban Anda dan memperingatkan Anda jika tekanan ban terlalu rendah.

Sistem TPMS menggunakan sensor untuk mengukur tekanan udara di setiap ban. Sensor ini mengirimkan sinyal nirkabel ke unit penerima di dalam kendaraan, yang kemudian menampilkan tekanan ban pada dasbor. Jika tekanan ban terlalu rendah, sistem akan memicu peringatan visual dan/atau audio untuk memberi tahu pengemudi.

Mengapa TPMS penting?

Ban dengan tekanan udara yang rendah dapat menyebabkan sejumlah masalah, termasuk:

Pengurangan bahan bakar: Ban dengan tekanan udara yang rendah dapat menyebabkan konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi.
Peningkatan keausan ban: Ban dengan tekanan udara yang rendah lebih cepat aus.
Penanganan yang buruk: Ban dengan tekanan udara yang rendah dapat memengaruhi penanganan kendaraan, membuatnya lebih sulit untuk dikendalikan.
Peningkatan risiko kecelakaan: Ban dengan tekanan udara yang rendah lebih rentan terhadap selip, yang dapat meningkatkan risiko kecelakaan.
Dengan menjaga tekanan ban Anda pada tingkat yang direkomendasikan, Anda dapat membantu:

Menghemat bahan bakar
Memperpanjang umur ban Anda
Meningkatkan penanganan kendaraan Anda
Mengurangi risiko kecelakaan
Jenis TPMS

Ada dua jenis utama sistem TPMS:

Sistem TPMS langsung: Sistem TPMS langsung menggunakan sensor yang dipasang di dalam setiap ban untuk mengukur tekanan udara. Sensor ini mengirimkan sinyal nirkabel ke unit penerima di dalam kendaraan, yang kemudian menampilkan tekanan ban pada dasbor.
Sistem TPMS tidak langsung: Sistem TPMS tidak langsung menggunakan sensor kecepatan roda untuk mendeteksi perubahan diameter ban. Ketika ban kehilangan tekanan udara, diameternya akan mengecil dan sensor kecepatan roda akan mendeteksi perubahan ini. Sistem kemudian akan memperingatkan pengemudi bahwa tekanan ban mungkin rendah.
Sistem TPMS langsung umumnya lebih akurat daripada sistem TPMS tidak langsung, tetapi juga lebih mahal.

Apakah Anda memerlukan TPMS?

Semua kendaraan baru yang dijual di Amerika Serikat setelah tahun 2007 harus dilengkapi dengan sistem TPMS. Namun, jika Anda memiliki kendaraan yang lebih tua, Anda mungkin tidak memiliki TPMS. Anda dapat memeriksa manual pemilik kendaraan Anda untuk mengetahui apakah kendaraan Anda dilengkapi dengan TPMS.

Meskipun TPMS tidak diwajibkan oleh hukum di semua negara, tetap disarankan untuk memiliki sistem ini pada kendaraan Anda. TPMS dapat membantu Anda menjaga tekanan ban Anda pada tingkat yang direkomendasikan, yang dapat membantu Anda menghemat uang, meningkatkan keselamatan, dan memperpanjang umur ban Anda.

Jika ingin melakukan service atau pengecekan kalian bisa menghubungi kami melalui Whatsapp kami di 081282600888 atau bisa melalui website kami di www.autolux.co.id atau bisa langsung datang ke salah satu lokasi bengkel kami.